Yuk Kenali Jenis-Jenis Minuman Anggur
Anggur

Yuk Kenali Jenis-Jenis Minuman Anggur

Wine atau yang biasa kita sebut minuman anggur, adalah minuman yang berasal dari buah anggur yang dilakukan proses fermentasi. Proses fermentasi anggur tidak diperlukan bahan tambahan seperti asam, enzim, gula, air atau bahan jenis lainnya, karena dalam proses tersebut pun sudah terkandung bahan kimia alami.

Kandungan gula yang terdapat pada anggur akan termakan oleh proses fermentasi dan berubah menjadi etanol dan karbon dioksida. Perbedaan jenis anggur dalam proses fermentasi akan menghasilkan minuman anggur yang berbeda pula.

Seperti yang kita tahu, kalau dari dulu sampai sekarang ini terdapat minuman anggur dengan berbagai variasi, yaitu red wine, rose wine, white wine, sparkling wine, sweet wine dan fortified wine.

1. Red Wine

Minuman yang biasa kita sebut dengan nama anggur merah ini adalah salah satu minuman anggur yang paling populer di Indonesia. Minuman ini termasuk minuman anggur premium, beberapa diantaranya adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah / shiraz, dan pinot noir.

2. White Wine

Minuman yang biasa di sebut anggur putih ini memang dibuat dengan bahan dasar anggur putih. Anggur putih di Indonesia yang biasa kita temui adalah chardonnay, sauvignon blanc, Semillon, rieslinh, dan chenin blanc.

3. Rose Wine

Minuman anggur yang berwarna merah muda ini terbuat dari anggur merah yang mendapat proses ekstraksi yang lebih cepat dibandingkan proses fermentasi anggur merah. Hal tersebut membuatnya berwarna merah muda dan karena itulah disebut sebagai rose wine.

4. Sparkling Wine

Minuman anggur yang mengandung kandungan karbon dioksida ini merupakan salah satu minuman anggur yang paling terkenal di kalangan kelas premium, yang mana biasanya di sediakan pada saat acara-acara besar. Salah satu yang paling sering kita lihat adalah Champagne dari Prancis.

5. Sweet Wine

Sweet wine adalah minuman anggur yang di fermentasi dengan kandungan gula yang banyak (residual sugar), hal tersebut membuat minuman ini terasa manis.

6. Fortified Wine

Wine yang satu ini memiliki kandungan alkohol paling banyak dibandingkan jenis wine yang biasanya. Minuman ini dalam proses pembuatannya ditambahkan dengan kadar alkohol yang tinggi dan disebut dengan hasil penambahan semangat.

error: