Tips dan Cara Menuang Bir Dengan Benar
Tips

Tips dan Cara Menuang Bir Dengan Benar

Apakah anda pernah merasa kesal melihat orang menuangkan bir ke dalam gelas secara terburu-buru dan akhirnya membuat busa bir terlihat kurang enak ? Atau bir di tuang dengan sangat tenang dan perlahan membuat busa di lapisan atasnya tidak terlihat, padahal bir sendiri akan terlihat menarik dan penuh esensi jika disajikan dengan busa yang terlihat diatasnya.

Anda masih pemula atau belum tahu cara menuang bir ke dalam gelas dengan baik dan benar? Berikut ini adalah caranya.

Tips Menuang Bir ke Dalam Gelas

  1. Pertama-tama anda perlu memilih gelas lebih dulu, pilihlah gelas yang bersih tanpa ada bekas minyak atau kotoran lain pada gelas. Ketika kita menuangnya di gelas yang kotor, tentu rasa bir akan terpengaruh dan tidak bersih.
  2. Ketika hendak menuang bir, miringkan posisi gelas 45 derajat, jika anda menuang bir dari botol, usahakan jangan sampai bir tidak menempel pada gelasnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi faktor kebersihan, akan terlihat kurang etis untuk dihidangkan kepada teman.
  3. Tuanglah bir dengan membiarkannya mengalir dengan cepat dan stabil. Terus jaga dan berusaha agar bir terus mengalir di sisi gelas tanpa ada luapan.
  4. Ketika sudah hampir terisi setengah gelas, terus menuang sambil dikurangi dan di gelas di tegakkan perlahan. Kalau busa yang ada di gelas kurang banyak, tuangkan kembali bir dengan menargetkan bagian tepi gelas sehingga busa naik sampai ukuran 2 jarimu. Kebanyakan orang beranggapan kalau busa di bir disebut sebagai sesuatu yang “haram”. Namun sebenarnya busa itu sendiri membantu agar rasa bir tidak hampar karena oksigen dari luar yang mulai tercampur ke dalam bir.
  5. Sebelum meminum bir yang sudah dituangkan, anda perlu menunggu selama beberapa detik terlebih dahulu, sampai busa di dalam gelas lebih stabil. Saat busa sudah berada di puncak gelas, barulah aroma sempurna dari bir bisa kalian rasakan dan saat itu bir sudah siap untuk diminum.
error: