Tips dan Cara Menikmati Champagne
Tips

Tips dan Cara Menikmati Champagne

Seperti yang kita tau, champagne adalah minuman spesial yang bisa kita minum di acara-acara tertentu, ditambah minuman ini susah di cari dan harganya yang cukup tinggi. Sebab itulah untuk menikmati champagne ada cara tersendiri.

Hervé Deschamps merupakan seseorang yang lebih 30 tahun memiliki pengalaman bekerja di wilayah Champagne di Prancis. Dia memiliki cara tersendiri untuk meminum sebotol champagne.

1. Membuka botol

Deschamps mengatakan, kalau membuka tutup botol champagne memiliki cara yang terbaik, yaitu dengan membukanya secara perlahan. Sama halnya ketika menuangkan champagne dari botol, kalian perlu melakukannya secara hati-hati.

Jika dalam menuang champagne dari botol kurang benar, nantinya rasa bergelembung dalam champagne akan hilang, karena itu merupakan ciri khasnya.

“Ketika menuangkan champagne ke dalam gelas, kalian harus memiringkan gelas dengan suduh 45 derajat, lalu kalian tuangkan secara hati-hati” kata Deschamps.

2. Gelas

Untuk menikmati champagne, tentunya kita memikirkan untuk menuangnya ke dalam gelas yang mewah. Menurut Deschamps untuk menikmati champagne, kita perlu memakai gelas yang terbuat dari kaca di tambah dengan gagang untuk memegangnya.

“Untuk menikmati champagne, pilih gelas yang ada penyangganya dan Anda bisa gunakan gagangnya agar tidak mempengaruhi suhu dari minuman,” ucap dia.

3. Pendinginan dan penyajian

Sebaiknya champagne disajikan dalam keadaan dingin, tapi kita perlu perhatikan kalau champagne didinginkan secara perlahan dan jangan terlalu lama.

“Champagne harus disajikan dalam keadaan dingin, paling tidak champagne didinginkan selama tiga jam, tidak lebih dari satu hari, agar rasa yang terbaik bisa dirasakan dan tidak hilang,” kata Deschamps.

Secara teknis, suhu pendinginannya harus berada diantara 10-12 ° C.

4. Setelah champagne dibuka

Champagne harus dijaga pada suhu tempat yang tepat ketika anda sudah meminumnya. Kalau ingin meminumnya, Deschamps menyarankan untuk meminumnya secara perlahan, gunakanlah alat agar gelembung pada champagne tidak hilang.

“Setelah satu jam berlalu sebaiknya Anda menggunakan ‘bouchon stoppeur’ untuk kelbali menutup botol champagne yang terbuka, ini juga agar gelembung pada champagne tidak mengembang,” katanya.

error: