Swansrai Minuman Khas Papua
Minuman Lokal

Swansrai Minuman Khas Papua

Ketika kita datang ke Papua, jangan lupa untuk merasakan minuman suguhan khas dari sana, yaitu Swansrai. Minuman tersebut biasanya disuguhkan untuk orang-orang penting, mulai dari kerabat atau orang-orang yang dihormati.

Minuman ini disuguhkan dengan wadah batok kelapa yang sudah dibelah menjadi dua seperti mangkuk. Minuman yang berbahan baku air kelapa yang di fermentasi pada pohon yang sudah sangat tua dan diambil airnya. Bagi kalian yang belum pernah meminum minuman beralkohol, sebaiknya berhati-hati untuk mencoba minuman ini.

Minuman ini mengandung alkohol dengan kadarnya yang mencapai 20 sampai 30 persen, yang mana kadar alkoloh ini sama dengan kadar yang dimiliki minuman tuak dan arak.

Bagi masyarakat luas, minuman ini tidak terlalu populer, tetapi bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini tidak jarang yang memang mencari minuman tersebut.

Rasa yang terdapat pada minuman ini adalah rasa yang kuat sedikit pahit, dan setiap tegukan pertamanya membuat kita merasa hangat karena kandungan alkohol di dalamnya.

Kalian yang merasa penasaran dan ingin mencoba merasakan minuman ini, kalian bisa menemukan minuman ini di daerah Biak Papua. Minuman ini pun banyak dijumpai di tempat umum, disekitar daerah tersebut, namun Swansrai memiliki variasi harga bergantung dengan masyarakat yang menjualnya.

error: