Sejarah Scotch, Whisky dari Skotlandia
Whisky

Sejarah Scotch, Whisky dari Skotlandia

Scotch adalah minuman beralkohol yang sudah tidak asing lagi di ingatan para pecinta minuman beralkohol. Minuman whiskey yang berasal dari Skotlandia ini memiliki rasa yang tajam serta aroma khas sebagai alternatif ketika anda busan dengan minuman seperti anggur merah.

Minuman yang berasal dari bahan tanaman jelai ini memiliki sejarah yang panjang, masyarakat Skotlandia yang menjadi petani jelai ini tidak benar-benar menyuling hasil panen mereka, disini para biarawan menjadi peran besar untuk membuat minuman ini.

Scotch, Whisky dari Skotlandia

Mr.J Marshall Robb seorang penulis ‘Scotch Whiskey’ menjelaskan kalau minuman ini dikenal pada tahun 1494, tepatnya ketika delapan kuntum malt untuk Friar John Kor didatangkan untuk membuat aqua vite (air kehidupan).

Minuman yang berasal dari Skotlandia ini menyatakan evolusi dari negara asalnya, dengan sebutan uisge beatha, atau yang dikenal juga sebagai air kehidupan.

Selanjutnya sejarah mencatat Scotch sebagai minuman favorit raja James IV, pada tahun 1506 selama di Inverness. Lewat catatan keuangan yang ada, tidak ada yang tahu kalau kerajaan mendapatkan Scotch selama 15 hingga 17 bulan.

Saat minuman ini masuk secara ilegal ke Dewan Penasihat di Gamrie, Banffshire di tahun 1614, dalam catatan pemakaman tahun 1618 wisky juga menjadi catatan dalam pelajaran.

Catatan resmi tentang penyulingan wisky tidak di temukan sampai tahun 1690, tapi selama masa tersebut beberapa perusahaan tetap berjalan yang terlihat dari pajak minuman di tahun 1644. Di abad ke 18, produksi Scotch ilegal masih berjalan dan terus berkembang, walau masih berupaya membuat peraturan untuk perdagangan, pada atahun 1823 akhirnya undang-undang cukai sudah sah dengan tujuan menghilangkan Scotch yang dijual secara ilegal.

Sampai sebelum tahun 1995, pajak yang melekat pada whisky dinilai terlalu tinggai dan membuatnya dikurangi. Pajak yang awalnya 5,54 pound sterling dikurangi 0,23 pound sterling.

Pembuatan wiski

Pembuatan minuman Wiski Skotlandia ini dibagi menjadi lima kategori, mulai dari wiski scotch malt tunggal, wiski scotch gandum tunggal, wiski scotch gandum campuran, dan wiski scotch gandum campuran.

Semua Scotch wisky dalam pembuatannya perlu dilakukan proses fermentasi dalam gentong kayu oak yang memakan waktu paling tidak tiga tahun.

Gentok kayu oak yang dipakai bukan untuk tempat penyimpanan yang biasa, dibalik itu ada alasan tertentu mengapa harus disimpan dalam tempat khusus.

Keith Nair, yang merupakan brand trainer Asia Tenggara The Macallan dan brand wiski Skotlandia mengatakan kalau 80 persen dari rasa whisky bergantung pada gentong kayu tersebut.

Selain itu Keith menambahkan kalau gentong tersebut pun berperan besar unruk kualitas, warna serta rasa riski yang diolah.

error: