Sampanye Mahal
Artikel

Rahasia di Balik Harga Champagne yang Tinggi

Sebagian besar sebuah acara berlangsung akan terasa kurang lengkap jika tidak ada champagne di dalamnya, terkadang minuman anggur atau wine terasa cukup, namun kehadiran champagne membuat semua terasa lebih istimewa.

Disini kita menikmati dan tahu champagne bukan hanya karena rasanya, tapi juga harganya yang tinggi, mengapa bisa demikian?

Rahasia Mahalnya Harga Champagne

Salah satu alasannya karena champagne yang asli hanya berasal dari wilayah Champagne, atau 150 kilometer ke arah timur dari Paris, Perancis. Wilayah ini merupakan daerah yang lebih besar dari San Francisco, bisa dua kali lipat lebih besar. Champagne memproduksi champagne lebih dari 300 juta botol untuk di kirim ke seluruh dunia.

Wilayah Champagne sendiri sebenarnya bukanlah wilayah yang ideal untuk menanam anggur. Temperatur di wilayah tersebut mencapai 50 derajat Fahrenheit yang mana pada umumnya lebih dingin dari area produksi wine biasanya. Hal tersebut membuat barang yang di produksi sudah tahan dengan udara dingin, kemudian akan dipilih dengan seleksi alam dan memanen secara tradisional anggur-anggur yang tersisa.

“Mesin di larang disini, jadi anggur dipetik dengan tangan. Penting untuk memilih anggur terbaik, terutama karena heterogenitas masing-masing plot dan setiap pokok anggur berbeda. Ini menjadi sebuah tanda bahwa kualitaslah yang sangat penting,” ucap Aurèlien Laherte dari keluarga pembuat champagne.

Perlu waktu lama untuk memproduksi champagne

Prosesnya diperlukan waktu yang terbilang lama, anggur terlebih dahulu melewati proses fermentasi primer sebelum dimasukkan ke botol, barulah fermentasi selanjunnya di dalam boyol. Sampel yang diproduksi melalui méthode tradisinelle atau méthode champenoise.

Campuran ragi dan gula di masukkan ke dalam botol, itu disebut sebagai Fermentasi kedua yang terjadi saat tirage.

Fermentasi pascasekunder adalah ragi yang mati (lees) harus dilakukan riddling agar menghilang. Proses ini berjalan cukup panjang, secara bertahap botol yang digunakan perlu dibalik dan diputar sedikit demi sedikit secara bertahap, hal tersebut dilakukan sampai meluncur ke bagian leher botol.

Leher botol bisa didinginkan ketika lees mencapai bagian atas, agar lees membeku. Bagian tutup botol dilepas dan lees beku keluar karena tekanan udara yang menembaknya keluar. Ruang yang penuh dengan alkohol ditambah dengan tingkat kemanisan dari anggur akan ditentukan di ruang bekas.

Diperlukan proses bertahun-tahun sampai siap, Champagne yang sebenarnya paling tidak harus berumur 15 bulan. Hal inilah yang membuat stok champagne tidaklah banyak dan harganya pun terbilang tinggi.

error: