Manfaat Anggur Merah bagi Kesehatan
Artikel

Manfaat Anggur Merah bagi Kesehatan

Kita tahu kalau minuman Anggur merah memiliki kadar alkohol di dalamnya, alkoholnya mulai dari 12 sampai 15 persen. Namun dibalik itu semua, ada sisi baik yang bermanfaat bagi kita yang meminumnya.

Minuman ini terbuat dari buah anggur yang kandungannya terdapat antioksidan, dan jenis antioksidan dengan persentase tertinggi adalah resveratrol. Zat tersebut dapat membuat berat badan kita menurun, tekanan darah dan kadar kolesterol. Tidak hanya disitu, manfaat lain dalam meminum anggur adalah tetap menjaga fungsi jantung, mencegah kanker dan diabetes.

Manfaat Anggur Merah

Berikut ini beberapa manfaat dari anggur merah jika dikonsumsi secara rutin:

  • Mencegah penyakit kanker

Kandungan resveratrol yang terdapat pada anggur merah dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebab itulah jika mengkonsumsi anggur merah dipercaya bisa  mencegah dan mengurangi risiko kanker, seperti kanker usus besar dan kanker ovarium.

  • Menjaga kesehatan otak dan fungsi memori

Minuman ini juga baik untuk kesehatan saraf dan otak kita jika kita mengkonsumsinya. Lewat berbagai studi yang sudah dilakukan membuktikan kalau anggur merah dapat mencegah proses penuaan yang terjadi pada otak, hal tersebut akan membuat daya ingat kita tetap terjaga.

Tidak sampai disitu saja, anggur merah pun bisa memperbaiki mood, mencegah demensia Alzheimer, stroke, dan penyakit Parkinson.

  • Menjaga kesehatan jantung

Sesuai dengan riset, jika kita meminum anggur merah dengan takaran yang tepat, hal tersebut dapat mencegah penyakit jantung serta menjaga tekanan darah. Hal tersebut karena kandungan yang terdapat pada minuman ini dapat mengurangi kolesterol serta radang dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Minuman berwarna merah ini juga tidak bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi. Anggur merah mampu menurunkan kemampuan bakteri jahat untuk menempel di gigi. Bakteri-bakteri tersebut adalah penyebab karies gigi, yaitu kondisi kondisi lubang di gigi yang bisa semakin besar atau semakin dalam.

  • Menurunkan kadar gula darah

Anggur merah juga disebut sebagai minuman yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu orang yang menderita diabetes tipe 2 menurunkan risiko terjadinya komplikasi seperti serangan jantung dan stroke.

Anda yang merasa tidak memiliki penyakit di atas masih boleh mengkonsumsi anggur merah namun dengan takaran sewajarnya. Untuk laki-laki dianjurkan untuk meminum tidak lebih dari dua gelas perharinya, sementara untuk wanita setengah dari takaran untuk laki-laki, yaitu 1 gelas per hari.

Minuman ini memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun kita tidak dianjurkan untuk meminumnya secara berlebihan. Jika kalian memiliki kondisi medis tertentu, kalian bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum kalian mengkonsumsi anggur merah.

error: