Jenis dan Variasi Gelas Bir
Artikel

Jenis dan Variasi Gelas Bir

Dimata banyak orang, gelas adalah wadah untuk menyimpan air yang akan kita minum, tapi tahukah anda kalau gelas bir memiliki peran penting dalam meminum bir? Malah ada beberapa macam gelas bir yang dibuat bergantung dengan bir yang kita minum.

Berikut adalah beberapa varian gelas bir yang populer.

1. American Pint

Gelas bir yang satu ini biasanya digunakan oleh beberapa bar di Amerika, Desain gelas bir ini mengerucut, daya tampungnya mencapai 16oz-20oz bir. Bahan pembuatan gelas bir ini dari kaca yang tebal, sehingga lebih tahan lama serta membuat suhu dingin bir tetap dingin lebih lama.

2. English Pint

Gelas bir yang biasa disebut nonic glass ini  berbentuk kurva dengan jarak 2 inci di atas gelas tersebut. Biasanya jenis bir untuk gelas ini sejenis Englis ales dan English lagers.

3. Beer Mugs

Biasanya gelas yang satu ini dipakai di semua bar dunia, gelas ini dibuat dengan tujuan ketahanan serta isolasi. Ketebalannya akan menjaga suhu bir dan tidak akan mengatur udara panas dari tangan ke gelas.

4. Pilsner Glass

Gelas ini biasanya dikombinasikan dengan bir-bir ringan, Dibanding gelas pint, pilsner glass lebih tinggi dan ramping. Dengan gelas ini kita bisa melihat bisa, warna dan kejernihan bir tipe pilsner.

5. Snifter Glass

Gelas ini sering kali dipakai untuk menuang brandy atau cognac, sangat tepat memilih gelas ini untuk menjaga aroma bir seperti Belgian ales dan India pale ales. Batang gelasnya pendek dan tampungannya melebar, membuat gelas ini sangat pas di tangan dan membuat bir lebih terasa hangat sampai suhu yang optimal.

6. Tulip & Thistle Glasess

Tulip dan Thistle adalah dua gelas bir yang cukup populer, gelas ini mampu menjaga busa yang ada di permukaan gelas. Dengan gelas ini cita rasa bir kita akan meningkat dan aromatic, seperti Hoppy dan Malty Brews, bentuknya yang unik mengingatkan kita pada gelas Snifter.

7. Beer Stein

Ukurannya sama dengan beer mugs, terbuat dari bahan seperti porselen, timah, perak, dan kayu. Gelas beer stein ini lebih berfungsi untuk menjadi centeramata, walau beberapa negara masih menggunakannya untuk disajikan Bersama bir. Kebanyakan dari mereka lebih memilih gelas pint untuk meminum bir.

8. Beer Boot (Das Boot)

Gelas ini dibuat sebagai salah satu bagian tradisi militer Jerman, gelas beer boot ini memiliki varian ukuran yang berbeda-beda, mulai dari 16oz sampai 150oz.

Biasanya dalam beberapa kompetisi minum bir, gelas ini sering digunakan, berbagai negara juga menggunakannya termasuk dalam acara bir yang terkenal Octoberfest.

error: