Ballo, Minuman Asli Makassar
Minuman Lokal

Ballo, Minuman Keras Asli Makassar

Masyarakat Makasar tentu sudah tidak asing lagi dengan Ballo, minuman tersebut merupakan minuman jenis tuak yang berasal dari daerah Bugis Makasar. Ballo merupakan hasil dari fermentasi beberapa jenis pohon yang tubuh di daerah Makasar, seperti Enau, Nipa dan Lontar.

Cara membuat Ballo sangatlah mudah, kita perlu mencari pohon lontar yang kemudian ditampung kandungan airnya dan di tanam di dalam tanah selama beberapa hari. Ballo memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda, semuanya bergantung dengan hasil pembuatannya, yang biasanya semua hampir sama kadar alkoholnya dengan tuak pada umumnya.

Kebanyakan warga sekitar meminum ballo bertujuan untuk menghangatkan badan serta menambah daya tahan tubuh, itupun diminum dengan takaran yang masih wajar dan tidak berlebihan.

Ballo yang terbuat dari bahan baku pohon nipa biasanya disebut ballo nipa, Ballo tala terbuat dari pohon tala, ball inru dibuat dari pohon aren dan ballo ase terbuat dari bahan buatan yang biasa dibuat dengan perasan air beras dan sejenisnya.

Ballo sendiri sering menjadi hidangan ketika warga tengah mengadakan acara seperti hajatan, mereka biasa melakukan acara berkumpul di rumah empu mereka masing-masing untuk merayakan hajatan, ditambah dengan hidangan makanan seperti itik, ayam dan makanan lainnya.

Di daerah Jeneponto sangat mudah untuk menemukan minuman ballo ini, karena hampir sebagian besar sudut dari wilayah ini, para warganya merupakan pekerja yang mengerjakan pembuatan minuman ballo.

Tetapi dibalik itu semua, sebagian masyarakat disana mengatakan kalau meminum ballo merupakan budaya namun itu tidak baik dan perlu dihindari. Karena ballo sendiri memang minuman yang bisa merusak kesehatan dan juga dilarang oleh ajaran agama.

error: