Amazake
Artikel

Amazake, Minuman Fermentasi Khas Jepang Selain Sake

Jepang memproduksi minuman beralkohol khas mereka, dan kalian sudah mengetahuinya kalau itu adalah sake. Selain sake, ternyata jepang memiliki minuman khas lain yang mengalami proses fermentasi juga, yaitu Amazake. Seperti apa bentuk dari minuman fermentasi yang satu ini?

Amazake adalah minuman tradisional khas dari negara Jepang, dimana minuman ini sering kali disuguhkan di sekitar Kuil Fushimi Inari yang berada di lereng gunung Kyoto.

Minuman ini biasanya dihidangkan dalam keadaan yang dingin atau hangat sekalipun. Amazake memiliki rasa yang gurih dan manis, minuman ini terlihat sangat cocok bagi orang yang lelah setelah lama dan penat dalam perjalanan.

Perbedaan Amazake dengan Sake

Untuk sejarah dari amazake sendiri dapat dikatakan mengalami perjalanan yang cukup panjang. Dimulai sejak pertama kali dibuat pada periode Kofun, kira-kira 250 hingga 538 Masehi.

Awalnya minuman ini adalah minuman yang diolah dengan teknik fermentasi serta pengawetan makanan dengan merebus nasi, air dan koji. Bakteri baik dan kandungan nutrisi terdapat pada minuman ini, yang kemudian semakin lama amazake semakin populer, malah minuman ini membuat kejadian tersebut masuk ke dalam Nihon Shoki. Sebuah teks yang disusun pada 720 Masehi.

Minuman ini sempat mengalami penurunan peminat, namun berkat boyband Kanjani Eight, pada tahun 2019 minuman amazake kembali menjadi minuman yang populer. Sedari kejadian tersebutlah amazake selalu menjadi minuman yang tersedia di berbagai kafe serta restoran yang berada di Jepang.

error: