Ale vs Lager
Artikel

Ale dan Lager, Mana yang Kamu Pilih?

Tempat hiburan malam seperti pub dan bar menyediakan banyak jenis bir nikmat yang bisa kita nikmati sesuai selera kita. Apakah kalian tau apa itu ale dan lager? seperti apa pembuatannya?

Perbedaan ale dan lager sendiri terdapat pada suhu ketika proses fermentasi. Ale adalah minuman yang difermentasi ketika suhunya relatif lebih tinggi dibandingkan lager, suhunya mencapai 18 hingga 23 derajat celcius.

Lager sendiri biasanya difermentasi pada suhu 7 hingga 12 derajat celcius. Perbedaan yang paling menvolok adalah pada bahan baku ragi yang digunakan, Ale menggunakan ragi yang mengapung dan menetap dipermukaan dalam beberapa hari dan selanjutnya akan tenggelam ke dasar wadah, sedangkan lager sendiri menggunakan ragi yang sifatnya menetap di dasar.

Berbagai Varian Ale

1. Amber Ale

Minuman ini memiliki rasa yang sedikit lebih manis dibanding jenis lainnya, minuman ini dikenal dengan warna minumannya yang lebih gelap. Anda dapat menemukan minuman ini dalam varian Budweiser American Ale.

2. Pale Ale

Warna dari varian ale satu ini memiliki warna yang lebih pucat dibanding varian lainnya, Minuman ini mengandung kandungan malt dan hop, hasilnya minuman ini memiliki aroma yang khas. Contoh yang bisa kalian temukan adalah Foster’s Special Bitter, yang memang minuman dalam merk yang satu ini cukup terkenal diluar.

3. Indian Pale Ale atau IPA.

Kalian bisa membedakan minuman ini dari varian lain dengan Rasa dan aroma hop yang berbeda. Indian Pale Ale memiliki warna sedikit lebih gelap, seperti warna keemasan.

4. Irish Ale

Warna Irish Ale terlihat kemerahan sementara rasanya terasa manis, Minuman ini populer di masyarakat setelah Killian’s Irish Reds memperkenalkan minuman ini.

5. Barley Wine

Varian lain yang memiliki rasa manis adalah Barley Wine, minuman varian ini memiliki warna yang sama dengan Amber namun dengan shade yang lebih gelap. Rasa minuman ini sangat fruity tetapi jangan salah, kandungan alkohol pada Barley Wine cukup tinggi.

6. Wheat Beer

Minuman yang biasa dikenal dengan nama weissbier atau hefeweizen ini merupakan jenis dari Pale Ale yang lainnya, warnanya yang lebih pucat mengartikan kalau minuman ini sangat menyegarkan dengan didalamnya terkandung karbonasi.

7. Stout dan Porter

Dua ale ini merupakan varian dengan warna yang memang lebih gelap, shade yang gelap terbuat dari panggangan malt.

Stout merupakan varian ale yang dibuat dengan panggangan jelai bukan dengan malt, jelai di panggang sampai warnanya gelap, rasa manisnya berasal dari perasa coklat di tambah dengan sedikit hop.

Stout disediakan dalam beberap tipe mulai dari Imperial stout, milk, chocolate, oatmilk, coffee, dry dan oyster. Di kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukan tipe stout dengan merk yang cukup familiar, yaitu Guinness.

Lager memiliki beberapa pilihan varian, minuman ini terkenal dengan rasa yang memang lebih hasil dibandingkan ale. Fermentasi ragi yang tidak mengambang membuatnya terasa lebih murni dan lebih halus.

Varian pertama ada Bock yang berasal dari Jerman dengan warna gelap. Rasanya bermacam-macam, mulai dari malty sampai hoppy. Ada juga Dopplebock untuk kalian yang lebih suka dengan rasa yang lebih keras.

Yang populer di Jerman ada Dunkel, karakter utama dari minuman ini adalah warna minumannya yang lebih gelap. Terdapat rasa karamel dan coklat di dalamnya, ditambah dengan kandungan alkohol yang rendah.

Lager dari Munich ada Marzen dan Minich Dark Pale, minuman ini berasal dari satu negara namun karakternya berbeda. Marzen atau Octoberfest Beer strukturnya penuh dan warnanya coklat gelap, merk Samuel Adams Octoberfest adalah salah satu Marzen yang terkenal. Sedangkan Munich Dark Pale memiliki warna yang gelap, dengan aroma khas malt dan kopi.

Seluruh dunia pasti mengenal Pale Lager, minuman ini memiliki kandungan alkohol yang rendah di tambah dengan karbonasi. Rasa minuman ini cukup ringan dan rasanya sangat murni. Jika kalian pernah meminum jenis ini pasti kalian kenal dengan Pilsner, ini adalah Pale Lager yang paling terkenal.

Masih banyak lagi jenis ale atau lager di seluruh dunia, semua dibedakan karena cara pembuatan serta bahan yang digunakan.

error: