12 Fakta Unik Tentang Champagne
Champagne

12 Fakta Unik Tentang Champagne

Champagne merupakan minuman beralkohol yang mana sebagian besar orang di seluruh dunia sudah mengenalnya. Minuman beralkohol ini memiliki rasa sparkling (seperti soda) dan berbuih, di kalangan pecinta minuman beralkohol Champagne merpakan salah satu yang populer.

Sebenarnya Champagne sendiri merupakan minuman dari hasil fermentasi sekunder anggur putih, minuman yang diproduksi di wilayah Champagne, Perancis, ini disebut dengan wilayah anggur Perancis

Champagne pada awalnya diekspor ke Inggris, saat itu Champagne di kemas dalam tong, cara memeriksa apakah anggur sudah terfermentasi adalah mencobanya langsung.

Di jaman sekarang ini, Champagne selalu menjadi bagian penting dalam sebuah acara tertentu, mulai dari ulang tahun, pernikahan, natal dan lain sebagainya. Yang terbaik adalah Champagne disajikan dalam kondisi dingin, sangat cocok jika dijadikan teman untuk menyantap makanan.

Fakta tentang Champagne

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang sampanye:

  1. Champagne merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari anggur ditambah proses fermentasi dua kali, yang pertama proses di dalam tong dan kedua di dalam botol ketika minuman ini disimpan.
  2. Pada abad ketujuh belas di Perancis, Champagne ditemukan oleh Dom Perignon, ia adalah biarawan Benediktine di Biara Hautvillers, dia adalah orang yang mengetahui seperti apa cara membuat anggur.
  3. Champagne bisa dibuat dari 3 jenis anggur, dua varietas anggur hitam, Pinot Meunier dan Pinot Noir serta varietas anggur putih Chardonnay. Anggur hitam untuk mengekstrak sarinya yang kemudian disimpan untuk fermentasi di dalam peti.
  4. Minuman ini tidak sengaja di temukan, saat itu anggur asal Champagne disimpan digudang, selama proses menghasilkan karbon dioksida, sehingga botol pecah karena tidak bisa menahan tekanan dan membuat para pekerja dalam bahaya. Dengan botol lebih kuat minuman ini ajdi populer di Inggris.
  5. Champagne mulai dipatenkan namanya dengan minuman yang diproduksi di daerah Champagne, timur laut Perancis. Jika ada minuman yang mengalami proses yang sama di tempat lain, minuman tersenbut harus diberi label yang isinya pembuatan dengan metode Champagne.
  6. Seorang ilmuan, Bill Lembeck mengatakan, Botol Champagne berisi 750ml dan disimpan dalam suhu 20 Derajat Celcius, di dalamnya ada 29 juta gelembung.
  7. Jumlah tekanan yang berada pada botol Champagne tiga kali lebih besar dari ban mobil, atau sebesar 90 pound per inci persegi.
  8. Marilyn Monroe, memerlukan 350 botol Champagne untuk dijadikan air mandi di baknya, aktris Amerika terpopuler tersebut melakukannya.
  9. Champagne memiliki gelas tertinggi dibanding minuman alkohol lain dalam nenikmatinya, Gelas champagne tertinggi memiliki ketinggian sekitar 2,1 meter dan dapat menampung hingga 22 botol
  10. Heidsieck & Co Monopole Blue Top Champagne Brut merupakan Champagne yang disajikan di kapal Titanic. Kabarnya Champagne yang baru diangkat dari runtuhan kapal laut masuh terasa luas biasa.
  11. Saat membuka gabus botol Champagne, kecepatannya mencapai 60 km / jam. Seorang yang berasal dari Amerika, Heinrich Medicus, sempat membuktikannya dengan pentalan mencapai 55 meter. Dia mencatatnya pada tahun 1988 di New York.
  12. Minuman ini lebih cocok jika kita meminumnya sambil memakan makanan laut seperti salmon asap, lobster, kepiting, dan kerang.
error: