11 Fakta Menarik Minuman Sake
Sake

11 Fakta Unik dari Minuman Sake Asal Jepang

Sake adalah minuman fermentasi beras yang mengandung alkohol dan merupakan minuman keras khas negara jepang. Para penduduk asli Jepang membuat minuman beralkohol tersebut secara tradisional. Sake terbaik adalah sake yang dibuat pada musim dingin, sebab rasa dan kesegarannya lebih terasa, serta sangat cocok untuk suhu dingin karena sake bisa menghangatkan tubuh.

Inilah beberapa fakta menarik dari Sake

1. Bahan Utama Sake Hanya 4 Macam

Sake hanya dibuat dengan 4 bahan saja, yaitu Beras, air, jamur dan ragi. Memang ada beberapa sake yang dibuat dengan alkohol yang disuling, namun 4 bahan yang disebutkan tidak bisa digantikan.

2. Sake Tidak Hanya Dibuat Di Jepang

Sake dibuat tidak hanya di Jepang saja, negara lain juga menjadi tempat pembuatan Sake, ada Australia, Kanada, Brasil dan Amerika Serikat.

3. Sake Difermentasi Bukan Disuling

Pembuatan sake selalu dilakukan fermentasi, sake tidak pernah disuling seperti halnya anggur.

4. Sake Memiliki Tingkat Keasaman rendah

Jika kalian suka meminum minuman beralkohol namun mudah mengalami reflux atau gangguan pada lambung, maka Sake adalah jawaban untuk anda, karena tingkat keasaman sake lebih rendah.

5. Kadar Alkohol Sake Mirip Dengan Anggur

Sama halnya dengan wine, kadar alkohol dalam sake hampir sama dengan wine, vodka atau minuman beralkohol lainnya, Rata-rata alkohol yang terkandung dalam sake mencapai 15 sampai 16 %, lebih sedikit dibanding beberapa minuman anggur.

6. Sake Disebut Nihonshu ( Anggur Jepang )

Masyarakat di luar negeri Jepang mengatakan, sake seperti minuman beralkohol lainnya,karena itu nama sake juga disebut Nihonshu.

7. Sake Tidak Mengandung Sulfit

Sake dipasteurisasi, jadi tidak membutuhkan pengawet seperti sulfit.

8. Sake Memiliki Ratusan Komponen Aroma Dan Rasa Seperti Anggur

Rasa dan aroma dalam sake sangat beragam, ada sake yang terasa seperti beras dan ada yang tidak terasa beras sama sekali. Bergantung seperti apa dibuatnya sake tersebut dan proses fermentasinya.

9. Sake Memiliki Histamin Yang Sangat Rendah

Sake mengandung histamin yang rendah dibanding minuman beralkohol lainnya, hal tersebut membuat kita tidak pusing dan wajah tidak memerah.

10. 80% Campuran Sake Adalah Air

Kandungan air pada sake sangatlah besar, mencapai 80%. Karena itulah sake menjadi minuman alkohol yang paling ringan dan sangat sedikit untuk memberikan efek samping seperti pusing saat meminumnya.

11. Sake Dapat Disajikan Dengan Beberapa Temperatur

Keunggulan sake dibanding minuman beralkohol lainnya ada beberapa, dan salah satunya adalah sake dapat dihidangkan dengan kondisi temperatur bermacam-macam, yaitu dingin, panas atau bahkan dibekukan.

error: